Posted by : Irma Ani Selasa, 11 Desember 2012


Perlu kita ketahui bersama bahwa virus adalah sebuah program yang dibuat yang berisi berbagai macam perintah, ada perintah delete, copy, rename, blokir, ganti settingan dan banyak lagi.


            Sering kita menemukan adanya file autorun.inf pada flashdisk kita itu tandanya bahwa flashdisk kita sudah terkena virus, coba hapus filenya, jika dalam waktu tidak terlalu lama muncul kembali itu tandanya komputer tersebut sudah terinfeksi virus. Mengapa file tersebut sudah kita hapus namun masih muncul lagi???? IYA...jawabannya karena perintahnya masih bekerja belum dimatikan, sehingga pada saat kita menghapus file tadi secara otomatis program virus yang sudah masuk ke dalam system akan menggandakan kembali.

Bagaimana Caranya Mematikan Perintah Virus tersebut dengan Cepat???
Jawabannya ada di file AUTORUN.INF, kenapa bisa begitu?? IYA, dengan file tersebut kita bisa melacak dan menemukan keberadaan file-file perintah yang dibuat oleh virus pada registry. Caranya Sbb :
  1. Buka file Autorun.ini tersebut lalu perhatikan text yang ada di dalam misalnya seperti ini :
    [Autorun]
    Shelexecute=%ise32.exe%
    Atau
    [AutoRun]
    open=%ise32.exe%
    shellexecute=%ise32.exe%
    shell\Auto\command=%ise32.exe%
    Pada text tersebut kita perhatikan bahwa ada text yang berakhiran exe yaitu service.exe ini adalah nama file virus yang akan atau sudah bekerja di system komputer.Nah file inilah yang harus kita cari didalam registri lalu kita matikan.
  2. Klik Star lalu run ketik REGEDIT maka akan muncul registri editor, arahkan crusor pada my computer lalu klik sekali agar proses search bisa keseluruhan.
  3. Klik edit>find> lalu ketik nama file yang ada di dalam text autorun tadi ( mis : service.exe, tati.exe, isa32.exe, recycler.exe dll. 
  4. jika searchnya berhenti pada satu file/perintah ( mis : HKEY_USERS\S-1-5-21-527237240-2052111302-839522115-1003\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MountPoints2\{9bc849ac-6d5f-11dc-b18f-00016ccdd524}\Shell\AutoRun\command\ise32.exe ) lansung pencet tombol delete saja untuk mengapus file tersebut lalu pencet F3 untuk melanjutkan pencariian.Lakukan hal yang sama hingga semuanya terhapus sampai tanda finish.
  5. Lalu coba hapus file autorun.inf dan file virusnya yang ada di flashdisk atau di drive c atau d perhatikan apakah file tersebut kembali atau tidak.Jika tidak berarti kita telah berhasil mematikan perintah virus pada komputer kita.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Yuuki Asuna - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -