Posted by : Irma Ani Selasa, 11 Desember 2012


1.   Hacker
Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar "cracker", menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para cracker mengobrak - abrik jaringannya, sebagai contoh : perusahaan asuransi dan auditing "Price Waterhouse". Ia memiliki team hacker yang disebut dengan Tiger Team. Mereka bekerja untuk menguji sistem sekuriti client mereka.

2. Cracker
Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem

3.Elite
Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai ‘suhu’..

4. Script Kiddie
Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.

5.Vulnerable atau celah keamanan adalah suatu kelemahan yang mengancam nilai integrity, confidentiality dan availability dari suatu asset. Vulnerability tidak hanya berupa software bugs atau kelemahan security jaringan.


6. Security Hole (Jaringan yang Berlubang)) – Terhubungnya LAN atau komputer ke Internet membuka potensi adanya lubang keamanan lain (security hole) yang tadinya telah teratasi dengan mekanisme keamanan secara fisik dan lokal. Jaringan, terutama internet, merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat terbuka di dunia. Konsekuensi yang harus di tanggung adalah tidak ada jaminan keamanan bagi jaringan yang terkait ke internet. Artinya jika operator jaringan tidak hati-hati dalam men-set up sistem dan menerapkan policy-nya, maka kemungkinan besar jaringan yang terkait ke Internet akan dengan mudah dimasuki orang yang tidak di undang dari luar.

.
7.Bug dengan terjemahan langsung ke bahasa Indonesia adalah serangga atau kutu. Bugmerupakan suatu kesalahan desain pada suatu perangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer yang menyebabkan peralatan atau program itu tidak berfungsi semestinya.Bug umumnya lebih umum dalam dunia perangkat lunak dibandingkan dengan perangkat keras.

8.Exploit adalah sebuah kode yang menyerang keamanan_komputer secara spesifik. Exploit banyak digunakan untuk penentrasi baik secara legal ataupun ilegal untuk mencari kelemahan (Vulnerability) pada komputer tujuan. Bisa juga dikatakan sebuah perangkat lunak yang menyerang kerapuhan keamanan (security vulnerability) yang spesifik namun tidak selalu bertujuan untuk melancarkan aksi yang tidak diinginkan. Banyak peneliti keamanan komputer menggunakan exploit untuk mendemonstrasikan bahwa suatu sistem memiliki kerapuhan.
Memang ada badan peneliti yang bekerja sama dengan produsen perangkat lunak. Peneliti itu bertugas mencari kerapuhan dari sebuah perangkat lunak dan kalau mereka menemukannya, mereka melaporkan hasil temuan ke produsen agar produsen dapat mengambil tindakan. Meskipun demikian, exploit kadang menjadi bagian dari suatu malware yang bertugas menyerang kerapuhan keamanan.
 ·Local exploit adalah program/eksploit yang jika dijalankan pada mesin atau target yang telah dijebol sebelumnya. dengan sasaran server itu sendiri, akan mengakibatkan anda mendapatkan root shell di mesin/server sasaran yang berarti kamu mempunyai akses root dimesin .
 ·Remote exploit adalah program/eksploit yang jika dijalankan dari mesin kamu dengan sasaran server tertentu, akan mengakibatkan anda mendapatkan root shell di mesin/server sasaran yang berarti kamu mempunyai akses root dimesin tersebut.


9.Logical Bomb merupakan salah satu program jahat yang ditempelkan pada program komputer agar memeriksa suatu kumpulan kondisi di sistem. Ketika kondisi-kondisi yang dimaksud ditemui, logical mengeksekusi suatu fungsi yang menghasilkan aksi-aksi tak diotorisasi. Logic bomb menempel pada suatu program resmi yang diset meledak ketika kondisi-kondisi tertentu dipenuhi. Contoh kondisi-kondisi untuk memicu logical bomb adalah ada atau tidak adanya file tertentu, hari tertentu dari minggu atau tanggal, atau pemakai menjalankan aplikasi tertentu. Begitu terpicu, bomb mengubah atau menghapus data atau seluruh file, menyebabkan mesin berhenti, atau mengerjakan perusakan lain.

10.White hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang  mengacu kepada peretas yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.


11.Black hat hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada para peretas yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa izin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut. Istilah cracker diajukan oleh Richard Stallman untuk mengacu kepada peretas dalam arti ini.


12.Penetration testing merupakan metode untuk mengevaluasi keamanan dari sistem komputer atau jaringan dengan mensimulasikan serangan dari sumber yang berbahaya, yang dikenal sebagai Black Hat Hacker Cracker atau. Proses ini melibatkan analisis yang aktif dari sistem untuk setiap kerentanan potensial yang dapat hasil dari miskin atau konfigurasi sistem yang tidak benar, baik dikenal dan tidak diketahui kekurangan perangkat keras atau perangkat lunak, atau kelemahan operasional dalam proses atau penanggulangan teknis. Analisis ini dilakukan dari posisi penyerang potensial dan dapat melibatkan eksploitasi aktif kerentanan keamanan. Masalah keamanan yang ditemukan akan disampaikan kepada pemilik sistem, bersama dengan penilaian dampak, dan sering dengan proposal untuk mitigasi atau solusi teknis. Tujuan dari tes penetrasi adalah untuk menentukan kelayakan serangan dan jumlah dampak bisnis mengeksploitasi sukses, jika ditemukan. Ini adalah komponen dari penuh audit keamanan


13.debug adalah sebuah atau sebagian line pada program yang mengalami kesalahan teknis.
biasanya dikarenakan penempatan file yang berbeda, juga bisa dikarenakan data lost akibat mati listrik (dalam asus tertentu bila awalnya si program uda jalan baru kaya gini pengertian debug).

tapi kalau dilihat dari kasus anda, sepertinya keluar menu debug karena ada file yang lupa diinstall oleh windows. hal ini dapat terjadi karena kesalahan partisi, maupun kesalahan cd windows yang sudah rusak (baret2, dll).

debug ini berguna untuk programer, sehingga sang programer tau line mana saja yang error, dan dengan mudah memperbaiki line tersebut biar ga error lagi debug itu  adalah sebuah atau sebagian line pada program yang mengalami kesalahan teknis.
biasanya dikarenakan penempatan file yang berbeda, juga bisa dikarenakan data lost akibat mati listrik (dalam asus tertentu bila awalnya si program uda jalan baru kaya gini pengertian debug).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Yuuki Asuna - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -